KRITIK SOSIAL DALAM WEB SERIES CINTA FISABILILLAH KARYA FILM MAKER MUSLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH ALIYAH

Nur Fitriani, Endang Rahmawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang muncul pada web seriesCinta Fisabilillah karya Film Maker Muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kritik sosial yang muncul dalam web series Cinta Fisabilillah karya Film Maker Muslim dengan tinjauan sosiologi sastra, (2) untuk mengetahui relevansi web series Cinta Fisabilillah karya Film Maker Muslim terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di MA. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian studi pustaka. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif menggunakan pendekatan sosiologi sastra dengan mendeskripsikankritik sosial yang muncul dalam web series Cinta Fisabilillah karya Film Maker Muslim dengan tinjauan sosiologi sastra. Selain itu, juga untuk mendeskripsikan relevansi web series Cinta Fisabilillah karya Film Maker Muslim terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di MA. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah web series Cinta Fisabilillahkarya Film Maker Muslim dan sumber buku referensi, jurnal, skripsi, tesis, maupun artikel yang mendukung dan menunjang permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini mengguakan teknik triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan teknik analisis data interakif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) 7 kritik sosial yang muncul dalam web series Cinta Fisabilillah, diantaranya adalah kebudayaan terdiri dari 2 data, agama terdiri dari 2 data, ketimpangan gender terdiri dari 1 data, konflik sosial terdiri dari 2 data, kemiskinan terdiri dari 1 data, kejahatan terdiri dari 1 data, dan pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat terdiri dari 1 data, (2) relevan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di MA kelas XI semester genap, yaitu dengan materi sastra, tepatnya KD 3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama atau film yang dibaca atau ditonton. Sehingga drama atau film tersebut sangat relevan untuk dijadikan sebagai penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia.


Keywords


Kritik Sosial, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Web Series.

Full Text:

PDF

References


Ahyar, Juni. 2019. Apa itu Sastra: Jenis-jenis Karya Sastra dan Bagaimana Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Al-Ma’ruf, Ali Imron, dan Farida Nugrahani. 2017. Pengkajian Sastra: Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Azmi, Puteri Amylia Binti Ulul, dan Suzana Mohd Hoesni. 2019. Gambaran Preferensi Pemilihan Pasangan Hidup pada Mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia. Jurnal Fakultas Psikologi, 13(1), 96.

Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

, 2009. Kita dan Sastra Dunia. Semarang: Makalah Seminar Nasional Bahasa Sastra, dan Budaya.

Hastaning, Sakti. 2008. Pengambilan Keputusan Memilih Pasangan Hidup pada Wanita Dewasa Awal yang Orang Tuanya Beda Suku. Universitas Diponegoro (UNDIP).

Hermawati, Tanti. 2007. Budaya Hawa dan Kesetaraan Gender. Jurnal Komunikasi Massa, 1(1), 20.

Isnaniah, Siti. 2015. Ketika Cinta Bertasbih Transformasi Novel ke Film. Jurnal KAWISTARA, 5(1), 24.

Kurniawan, Heru. 2012. Teori, Metode, dan Aplikasi Sosiologi Sastra, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mampow, Jonathan Toar. 2017. Suatu Kajian Atas Tindakan Pidana Kejahatan Terhadap Hewan Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan. Jurnal Lex Administratum, 5(1), 149-150.

Marzuki, dkk., 2020. Bentuk Kritik Sosial pada Novel Surat Panjang tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya Karya Dewi Kharisma Michellia. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 19.

Ma’u, Dahlia H. 2016. Judi Sebagai Gejala Sosial (Perspektif Hukum Islam). Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, 15(1), 419-420.

Muslimin. 2011. Modernisasi dalam Novel Belenggu Karya Armijn Pane. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 1(1), 130.

Novianti, Eka. 2019. Nilai-nilai Pendidikan Mahabbah dalam Web Series Bicara Cinta Karya Underblack Pictures. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2000. Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

, 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Radly, Zakki Silmi. 2018. Analisis Wacana Pesan Dakwah Film Cinta Fisabilillah di Saluran Youtube Daqu Movie Episode 2. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Estetika Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rini, Ayu Setyo, dan Lilik Sugiharti. 2016. Faktor-faktor Penentu Kemiskinan di Indonesia: Analisis Rumah Tangga. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 1(2), 17.

Setiawan, Daryanto. 2018. Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Jurnal Simbolika, 4(1), 65.

Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

, 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

, 2019. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Soetomo. 2008. Masalah Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Subroto, D. Edi. 1992. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

, 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H.B. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Suwardi. 2011. Bahan Kuliah: Sosiologi Sastra. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Tanra, Indra. 2015. Persepsi Masyarakat Tentang Perempuan Bercadar. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, 3(1), 117.

Tarigan, Hanry Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

, 1985. Prinsip prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Wellek, Rene & Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Qosim, Nanang. 2017. Hadis-hadis tentang Dosa Bagi Penghafal Al-Quran yang Lupa dalam Perspektif Teori Konstruksi Sosial. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Yusuf, dkk., 2019. Faktor Penyebab Pria Homoseksual Coming out. Jurnal psikologi, 1(1), 178.

Zahir, Dayu Dyana. 2020. PPemaksaan Perkawinan oleh Orang Tua dalam Peraturan Perundang-undangan di Indonesia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v17i2.3635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->