KARAKTER SUTI DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SUTI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO

Try Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterkaiatan unsur intrinsik serta konflik kejiwaan tokoh Suti dan menjelaskan nilai pendidikan dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa dokumen. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterkaitan antarunsur dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono dapat membangun sebuah jalinan cerita yang penuh dengan konflik dan memiliki penguatan pada tema (1) tokoh Suti sebagai tokoh sentral memiliki karakter dan kepribadian yang kuat. (2) nilai yang terkandung di dalamnya pelestarian hasil kebudayaan bangsa, nilai pendidikan moral berupa sikap saling menghormati terhadap sesama, nilai pendidikan sosial berupa pentingnya berinterkasi sesama manusia di lingkungan sekitar (3) novel Suti karya Sapardi Djoko Damono dapat dijadikan bahan ajar pada pembelajaran sasrta.


Keywords


Konflik kejiwaan, nilai pendidikan, novel Suti karya Sapardi Djoko Damono

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.

Damono, Djoko Sapardi. 2015. Suti. Jakarta: Buku Kompas.

Esten, Mursal. 1978. Kesusastraan: Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung : Angkasa.

Kemdiknas. 2011. Policy Brief Dikdas: Pendidikan Karakter untuk Membangun Karakter Bangsa Edisi 4 Juli 2011. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Muslich, Masnur. 2014. Garis-Garis Besar Tata bahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Pengantar Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

_________________. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Badan Percetakan Fakulitas Ekonomi Universitas Yogyakarta.

Sumarjo dan Saini. 1997. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, HJ. 2006. Pengantar Filsafat Ilmu. Salatiga: Widya Sari Press.

Wellek, R. & Warren, A. (1990). Teori Kesusastraan (Diindonesiakan oleh Melani Budianta). Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v16i1.2272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.