Argot dalam Forum Jual Beli Wilayah Palangkaraya di Facebook

Nur Widianti Arifah, Perdana Indra

Abstract


Penelitian ini untuk mendeskripsikan wujud dan pola pembentukan argot pada forum jual beli wilayah Palangka Raya di facebook. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penjual yang menawarkan dagangannya di forum jual beli wilayah Palangka Raya di facebook. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, dokumentasi, dan teknik catat. Sumber data pada penelitian ini adalah penawaran atau unggahan para penjual yang ada dalam forum jual beli wilayah Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini adalah metode padan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wujud argot pada forum jual beli wilayah Palangka Raya ditemukan adalah berjumlah total 32 argot, yang terdiri dari 3 jenis kelas kata. Ditemukan 12 wujud argot kata kerja, 15 wujud argot kata sifat, dan 5 wujud argot kata benda. Kategori wujud argot yang paling banyak ditemukan adalah kata sifat, yaitu 15 argot. Selanjutnya pembentukan pola argot dalam forum jual beli wilayah Palangka Raya menunjukkan bahwa argot terbentuk karena pengaruh latar belakang alasan dijualnya suatu barang yang berbeda oleh penjual yang berbeda pula.


Keywords


Argot; forum jual beli; Palangkaraya

Full Text:

PDF

References


Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Rineka Cipta.

Evendi, S. F., Putri, N. P., Pamungkas, S., Pendidikan, P., Indonesia, S., & Pacitan, S. P. (2020). ARGOT PENJUAL PADA KOMUNITAS SITUS JUAL BELI ONLINE FORUM JUAL BELI ( FJB ) -AREA PACITAN ( KAJIAN SOSIOLINGUISTIK ). STKIP PGRI Pacitan, 1–9.

Hayati, L. (2013). Fitur-Fitur Semantik Leksikon Argogt Dalam Rubrik Courrier Electonique Majalah Elle (Nomor June).

Ijanikin, O., & Town, F. (2017). Jargons and Slang As Forerunners of the New Idioms and. International Journal of African Society, Cultures and Traditions, 5(1), 28–37.

Merle, P. (1997). Argot, Verlan et Tchathes. Les Essentiels Milan.

Nurjanah, M., & Mustofa, A. (2013). Argot pada Pedagang di Pasar Wage Tulakan Kabupaten Pacitan. June, 1–11.

Saputri, R. R. (2017). Wujud Argot Dan Pola Pembentukkan Argot.

Sari, F. B. S. (2019). Bentuk dan Makna Kata Argot dalam Roman Elle Et Lui Karya Marc Levy”. In Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Bahasa dan Seni (Vol. 8, Nomor 5).

Satria, D., Armin, M., & Junus, F. (2021). PENGGUNAAN BAHASA ARGOT PRANCIS DALAM FANPAGE FACEBOOK PÈSE SUR START. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28378.26569

Soeparno. (2013). Dasar-Dasar Linguistik Umum. Tiara Wacana Yogya.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Budaya secara Linguistik. Duta Wacana University Press.




DOI: https://doi.org/10.26499/und.v18i1.3288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.