Gangguan Berbicara pada Anak Penderita Cerebral Palsy

Muhammad Yasser Irfan, Nuryani Nuryani, Robiatul Aliyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk gangguan fonologis yang terdapat pada tuturan anak penderita cerebral palsy. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah seorang anak penderita cerebral palsy yang sedang menempuh jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Jakarta, yaitu HDE yang berusia 18 tahun. Kemudian peneliti menjadikan tuturannya sebagai data pada penelitian ini. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak libat cakap dan teknik rekam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gangguan fonologis pada tuturan anak penderita cerebral palsy mengalami tiga perubahan bentuk, yaitu penggantian, penambahan, dan penghilangan fonem. Pada bentuk penggantian fonem ditemukan beberapa penggantian fonem, yaitu penggantian fonem /a/ menjadi /i/, /b/ menjadi /g/, /c/ menjadi /k/, /d/ menjadi /j/, /j/ menjadi /g/, /r/ menjadi /h/, /r/ menjadi /l/, /r/ menjadi /y/, /t/ menjadi /k/, dan /u/ menjadi /i/. Pada bentuk penambahan fonem ditemukan beberapa penambahan fonem, yaitu penambahan fonem /ə/, /g/, /h/, /y/, dan /ŋ/. Pada bentuk penghilangan fonem ditemukan beberapa penghilangan fonem, yaitu penghilangan fonem /a/, /b/, /ə/, /h/, /k/, /ɲ/, dan /ŋ/.

Keywords


Cerebral Palsy; Fonem; Fonologi; Psikolinguistik

Full Text:

PDF

References


Aditama, Furri Kurnia. “Performansi Komunikasi Anak Cerebral Palsy YPAC Surabaya (Studi Kasus Cerebral Palsy Klasifikasi Spastic).” Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 2, no. 1, 2018, hal. 52–62.

Atmaja, Jati Rinakri. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Remaja Rosdakarya, 2017.

Aziz, Safrudin. Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus. Gava media, 2015.

Chaer, Abdul. Fonologi Bahasa Indonesia. Rineka Cipta, 2013.

---. Psikolinguistik. Rineka Cipta, 2009.

Hidayanti, Laeli. “Fenomena Gangguan Berbahasa Pada Anak Usia 3-6 Tahun dalam Lingkungan Masyarakat di Daerah Cisauk Tangerang.” Jurnal Lentera, vol. 3, no. 1, 2020, hal. 203–13.

Indah, Rohmani Nur. Gangguan Berbahasa: Kajian Pengantar. UIN-Maliki Press, 2007.

Johan, Mhd., dan Triyani- Tami. “Tataran Fonem Penderita Afasia Broca pada Produksi Leksikal: Suatu Kajian Neuro-Fonologi.” Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 6, no. 2, 2019, hal. 28–39.

Khairunnisa. “Pengaruh Gangguan Berbahasa terhadap Tingkat Kecerdasan (IQ) Anak Tunagrahita.” Jurnal Lentera, vol. 3, no. 2, 2020, hal. 302–10.

Novita, Rita. “Ekspresi Fonologis Anak Autis pada Program Menengah: Kajian Neurolinguistik.” SAWERIGADING, vol. 17, no. 1, 2011, hal. 43–52.

Nuryani, dan Dona Aji Karunia Putra. Psikolinguistik. Mazhab Ciputat, 2013.

Purnamawati, Indri, et al. “Kesalahan Fonologi Pada Penderita Afasia Broca Pascastroke dalam Tinjauan Psikolinguistik.” Jurnal Basataka (JBT), vol. 1, no. 1, 2018, hal. 30–36.

Puspita, Alvika Candra, et al. Analisis Bahasa Lisan Pada Anak Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Usia 5 Tahun. no. 2, 2019, hal. 154–60.

Puspitoningrum, Encil, dan Marista Dwi Rahmayantis. “Bahan Ajar Pacelathon Undha Usuk Basa Jawa sebagai Penguatan Karakter Tata Krama Berbicara Siswa dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 4, no. 1, 2018, hal. 21–34.

RI, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar 2010. Kementerian Kesehatan, 2010.

Ridwanuddin, Dindin. Bahasa Indonesia. UIN Press, 2015.

Roslawa, et al. “Penerapan Metode Audio–Lingual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SDN 7 Sindue Tobata.” Bahasantodea, vol. 5, no. 4, 2017, hal. 88–95.

Sanjaya, Nur Arief. “Gangguan Fonologi Keluaran Wicara Pada Penderita Afasia Broca dan Afasia Wernicke: Suatu Kajian Neurolinguistik.” Arkhais, vol. 06, no. 2, 2015, hal. 53–62.

Siyoto, Sandu, dan M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing, 2015.

Sudarwati, Emy, dan Dkk. Pengantar Psikolinguistik. UB Press, 2017.

Sukoyo, Joko. “Interferensi Bahasa Indonesia dalam Acara Berita Berbahasa Jawa ‘Kuthane Dhewe’ Di TV Borobudur Semarang.” Lingua, vol. 7, no. 2, 2011, hal. 95–103.

Sunanik. “Pelaksanaan Terapi Wicara dan Terapi Sensori Integrasi Pada Anak Terlambat Bicara.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, 2013, hal. 21–44.

Syahid, Agus. “Gangguan Berbahasa Pada Penderita Cerebral Palsy Sebuah Kajian Linguistik Klinis.” Humanitatis, vol. 6, no. 2, 2020, hal. 175–86.




DOI: https://doi.org/10.26499/und.v18i2.4621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.