Pemetaan Penguasaan Materi Sastra Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP pada Tiga Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan

Agus Yulianto

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendesripsikan penguasaan materi sastra pada guru Bahasa Indonesia dalam buku ajar Bahasa Indonesia tingkat SMP dan untuk mengetahui adakah perbedaan penguasaan sastra pada guru Bahasa Indonesia dalam buku ajar Bahasa Indonesia tingkat SMP di pada kabupaten yang menjadi lokasi penelitian? Adapun masalah yang terdapat dalam penelitian ini dititikberatkan pada pemetaan penguasaan materi sastra, yaitu: 1. bagaimanakah tingkat penguasaan materi sastra guru Bahasa Indonesia dalam buku ajar Bahasa Indonesia tingkat SMP?; 2. Adakah perbedaan penguasaan  materi sastra guru Bahasa Indonesia dalam buku ajar Bahasa Indonesia tingkat SMP pada kabupaten yang menjadi lokasi penelitian?. Metode yang diguanakan dalam peneltian ini adalah metode  deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa memang terdapat perbedaan penguasaan materi sastra pada guru-guru Bahasa Indonesia tingkat SMP yang menjadi objek penelitian di tiga kabupaten yang menjadi lokasi penelitian, tetapi secara umum penguasaan materi sastra mereka masih tergolong baik.

 

Kata kunci: Penguasaan, guru SMP, sastra

 

Abstract

The purpose of this study was to determine and describe the mastery of Indonesian language teachers in Indonesian language textbooks at the junior high school level and to find out whether there are differences in the literary mastery of Indonesian teachers in Indonesian language textbooks at the junior high school level in the districts where the research was conducted. The problems contained in this study are focused on mapping the mastery of literary materials, namely: 1. how is the level of mastery of Indonesian teachers' literary materials in Indonesian language textbooks at the junior high school level?; 2. Are there differences in the mastery of Indonesian teachers' literary materials in Indonesian language textbooks at the junior high school level in the districts where the research is located? The method used in this research is descriptive quantitative and qualitative methods. Based on the analysis carried out, it can be seen that there are indeed differences in the mastery of literary material for Indonesian language teachers at the junior high school level who are the object of research in the three districts that are the research locations, but in general their mastery of literary material is still relatively good.

 

Keywords: Mastery, SMP teacher, literature


Keywords


Penguasaan; guru SMP;sastra

Full Text:

PDF

References


Bahtiar, Ahmad. 2017. “Kompetensi Kesusastraan Guru Bahasa dan Sastra Indonesia di Wilayah Tangerang Selatan”. Journal Indonesian Language Education and Literature Vol. 2, No. 2.

Edison, Emron, Yohny Anwar, dan Imas komariyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.

Nur’aini, Khalimah Isnawati. 2014. “Pelaksanaan Pembelajaran Sastra pada Kelas VII Semester II di SMP Negeri 1 Nanggulan Kulon”. (Skripsi). Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurgiyantoro, B. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2000. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius

Rolf Esser. Das grosse Arbeitsbuch Literaturunterricht. 2007. Lyrick, Epik, Dramatik. Mülheim: Verlag an der Ruhr

Sembono, Edy. 2010. Sastra Indonesia untuk SMP dan SMA. Jakarta: Penerbit Hikmah(PT. Mizan).

Sumardjo, Jakob dan Saini. 1997. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suryaman, Maman. 2010. Strategi Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: PBSI FBSUNY.

Teeuw A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Dunia. Pustaka

Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlan

Waluyo, Herman J. 2001. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja (Edisi Kelima). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.26499/und.v18i2.4737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.