Representasi Tokoh Utama dalam Novel Kawi Matin di Negeri Anjing Karya Arafat Nur: Tinjauan Psikologi Sastra

Emilda Emilda, Masithah Mahsa, Annisa Annisa

Abstract


Tokoh utama berperan penting untuk cerita yang ingin dikisahkan oleh pengarang dalam novel. Selain itu, permasalahan-permasalahan yang muncul dalam kepribadian tokoh-tokoh yang lain selalu dipusatkan untuk mengungkapkan kepribadian tokoh utama. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan id, ego, dan superego tokoh utama dalam novel Kawi Matin di Negeri Anjing karya Arafat Nur tinjauan psikologi sastra. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini ialah berupa kutipan paragraf, dialog, dan kalimat teks novel Kawi Matin di Negeri Anjing Karya Arafat Nur yang mengandung id, ego, dan superego tokoh utama.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik baca dan catat. Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah berupa id, ego, dan superego tokoh utama pada novel Kawi Matin di Negeri Anjing karya Arafat Nur yang berjumlah 90 data yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu: (1) Id, berjumlah 28 data, (2) Ego, berjumlah 30 data, (3) superego, berjumlah 32 data. Data yang paling banyak adalah superego, dan data yang paling sedikit adalah id. Dengan demikian, tokoh Kawi Matin didominasi oleh kepribadian superego berupa rasa bersalah, dan inferior.


Keywords


Representasi tokoh utama; novel; id; ego; superego

Full Text:

PDF

References


ASMAH, S. (2020). Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud Pada Tokoh Utama Raib Dalam Novel Matahari Karya Tere Liye. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.

Endraswara, S. (2021). Metodologi Penelitian Fenomenologi Sastra.

Fajriyah, K., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2017). Kepribadian tokoh utama wanita dalam novel alisya karya muhammad makhdlori: kajian psikologi sastra. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 3(1), 1–14.

Ismail, M. R. (2019). Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari (Kajian Teori Psikoanalisis Sigmund Freud). University of Muhammadiyah Malang.

Karmini, N. N. (2011). Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Saraswati Institut Press.

Martono, N., Rosa, H. T., & Azmin, G. G. (2016). Mekanisme pertahanan ego pada tokoh transgender dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari: Suatu kajian psikologi sastra. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 87–92.

Minderop, A. (2018). Psikologi sastra: karya, metode, teori, dan contoh kasus. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murtiwik, Wiwik. Wardarita, R. (2021). Telaah Freud : Kepribadian dan Pertahanan Tokoh Utama Novel Seputih Hati yang Tercabik Karya Ratu Wardarita. Undas: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa Dan Sastra, 17(2). https://doi.org/10.26499/und.v17i2.3439

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. UGM press.

Purnamasari, E., & Maridja, Y. B. (2018). Konflik dalam naskah drama tanpa pembantu karya a. Adjib hamzah: pendekatan psikologi sastra. Caraka, 4(2), 154–166.

Rahayu, N. P., Lestari, R. S., Anjani, C., & Firmansyah, D. (2019). Aspek kepribadian tokoh utama dalam cerpen cerita pendek yang panjang karya hasta indriyana, kajian psikologi sastra, dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra di sma. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 115–126.

Srihayati, A. (2019). Representasi Perilaku Tokoh Utama Dalam Novel Jatisaba Karya Ramayda Akmal (Kajian Psikologi Sastra). University of Muhammadiyah Malang.

Surastina. (2018). Pengantar Semantik & Pragmatik. New Elmatera.

Tillah, Z. M. Q., & Ahmadi, A. (n.d.). Ego Dan Shadow Tokoh Utama Dalam Novel Kawi Matin Di Negeri Anjing Karya Arafat Nur (Perspektif Psikologi Jungian).




DOI: https://doi.org/10.26499/und.v18i1.4759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.