Kebutuhan Para Pendidik terhadap Materi Penyuluhan Apresiasi Sastra di Kalimatan Selatan

NFN Saefuddin

Abstract


Masalah penelitian ini ialah bagaimana gambaran kemampuan mengapresiasi sastra para pendidik pada jenjang sekolah dasar dan bagaimana gambaran materi yang dibutuhkan oleh pendidik untuk meningkatkan kemampuannya dalam apresiasi sastra. Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh gambaran kemampuan mengapresiasi sastra para pendidik pada jenjang sekolah dasar dan untuk mengetahui materi yang dibutuhkan oleh pendidik untuk meningkatkan kemampuannya dalam apresiasi sastra. Kemampuan para pendidik terhadap materi apresiasi sastra memerlukan observasi atau survei. Berdasarkan uraian itu, penelitian ini akan menggunakan metode survei.  Metode survei ialah metode pengamatan dan melakukan penyebaran  kuisioner. Hasil pengolahan data survei  ialah suatu metode untuk memperoleh bahan  penyuluhan sastra, dari data itu disusun pedoman atau bahan kegiatan penyuluhan sastra yang akan dilakukan oleh Badan Bahasa, balai, dan kantor bahasa. Hasil  penelitian ini akan memperoleh gambaran tentang jawaban soal dan prosentase kemampuan para pendidik dalam mengapresasi sastra. Hasil penelitian ini nantinya dapat dibuat satu model, materi khusus, sebagai upaya  meningkatkan kemampuan para pendidik dalam mengapresasi sastra.

 


Keywords


Kebutuhan para pendidik; apresiasi

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2004). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Sinar Baru Algensindo Bandung.

Borg, W.R. & Gall, M. D. G. (1993). Educational Research: An Introduction, Fifth. Longman.

Esti Ismawat. (2012). Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Penerbit Ombak.

Mc. Cawley, (2009) Pendidikan dan pengajaran. Jakarta: Lentera.

Setyosari. (2012). Metode penelitian pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Duta Wacana University Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuatitatif, K. dan R. C. A. B. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif dan R&D). CV. Alfabeta.

Taufik Ismail. (2001). Kompas. Gramedia.

Tim Penyusun. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Wasis D. Dwiyogo. (2004). Konsep Penelitian dan Pengembangan. Malang: Pusat Kajian Kebijakan Olahraga LEMLIT UM. Pusat Kajian Kebijakan Olahraga LEMLIT UM.

Widjaya. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Bentara.

Yus Rusyana. (1984). Bahasa dan Sastra dalam Gamitan. PT Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.26499/und.v18i2.4868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.