ANALISIS TINDAK TUTUR PADA BALIHO KAMPANYE CALON LEGISLATIF PEMILU TAHUN 2009 DI KALIMANTAN SELATAN

Eka Suryatin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini membahas bentuk dan maksud tindak tutur pada baliho kampanye legislatif Pemilu tahun 2009 di Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bentuk dan maksud tindak tutur pada baliho kampanye legislatif Pemilu tahun 2009 di Kalimantan Selatan. Metode yang digunakan deskriptif  kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik simak dan teknik catat. Sumber data penelitian berupa Buku “Lebih Tepat Lebih Baik: Penggunaan Bahasa Indonesia pada Baliho Kampanye Calon Legislatif Pemilu Tahun 2009”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada baliho kampanye calon legislatif pemilu tahun 2009 di Kalimantan Selatan menggunakan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Selain itu, tuturan pada baliho juga menggunakan tindak tutur langsung berupa kalimat perintah dan tindak tutur tak langsung berupa kalimat berita.

Kata kunci: Bentuk, maksud, tindak tutur, baliho, kampanye.

 

Abstract: This study discusses the shape and purpose of the speech act on a billboard campaign in the 2009 legislative elections in South Kalimantan . The research objective to describe the shape and purpose of the speech act on a billboard campaign in the 2009 legislative elections in South Kalimantan. The method used descriptive qualitative . Data was collected by means of techniques and techniques refer to the note . Source of research data in the form of book " More Right Better : Use of Indonesian on Billboard Campaign Legislative Candidate Election Year 2009 " . The results showed that on a billboard campaign Election candidates in 2009 in South Kalimantan , using locutions speech acts , illocutionary , and perlokusi . In addition, the speech on billboards also uses speech act directly in the form of imperative sentences and indirect speech acts in the form of news sentences .

Key words : Form, intention, speech act , billboard , campaign.


Keywords


Form; intention; speech act; billboard; campaign

Full Text:

PDF

References


Indrawati, dkk. 2010. Lebih Tepat Lebih Baik: Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Baliho Kampanye Calon Legislatif Pemilu Tahun 2009. Banjarbaru: Balai Bahasa Banjarmasin.

Handoyo, Hari Waskito. 2014. Analisis Tindak Tutur Dalam bahasa Iklan Calon Anggota Legislatif Tahun 2014 di Boyolali. Skripsi. Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Jahdiah. 2011. Wacana Kampanye Politik Calon Legislatif Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2009-2014: Suatu Tinjauan Pragmatik. Undas. Volume 7. Nomor 1. Hlm. 7.

Rahardi, K. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rohmadi, Muhammad. 2010. Pragmatik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana.

Tarigan, Henry Guntur. 1997. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Yayuk, Rissari.2011. Penanda Kesopanan dalam Kampanye Calon Legislatif Berbahasa BanjarTahun 2009 di Kalimantan Selatan. Bunga Rampai. Nomor 5. Hlm. 87.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.

________ dan Rohmadi, Muhammad. 2009. Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

(http//riskaajeng.blogspot.co.id/2012/09/balisho-dan-reklame.html.)




DOI: https://doi.org/10.26499/und.v12i1.546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.