NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DANG-IDANG MASYARAKAT KAYU AGUNG
Abstract
Abstrak: Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pendidikan karakter yang terdapat dalam sastra tutur dang-idang. Masalah dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter apa sajakah yang terdapat dalam sastra tutur dang-idang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan data yang dianalisis menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Objek penelitian ini adalah tradisi lisan dang-idang yang dituturkan oleh masyarakat yang tinggal di Kayu Agung, Sumatera Selatan. Nilai-nilai pendidikan karakter yang berhasil diidentifikasi oleh penulis dalam penelitian ini adalah religius, kerja keras, tanggung jawab, mandiri, komunikatif, peduli sosial, dan peduli lingkungan.
Kata kunci: Pendidikan karakter, sastra tutur, dang-idang
Abstract: This study aims to identifie and describe character education contained in the traditional literature of dang-idang. This study focusses of character what are contained in the traditional literature of dang-idang. As for the methods used in this research is descriptive method. While the data were analyzed using sociological approach to literature. The object of this study is the traditional literature of dang-idang by people who live in Kayu Agung, South Sumatra. The values of character education were identified by the authors in this study is a religious, hard work, responsibility, independent, communicative, social care, and care for the environment.
Key words: Character education, the traditional literature, pendekatan ideologi sastra.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiningsih, Asri. 2013. Pembelajaran Moral. Jakarta: Rineke Cipta.
Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Alaska.
Darma, Budi. 2004. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa. Jakarta: Yogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamaris, Edwar. 2005. Diktat Bahan Penyuluhan Penataran sastra bagi Staf Peneliti Sastra Balai Bahasa Palembang. Jakarta.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: MedPress.
Faruk. 1999. Pengantar Sosiologi Sastra. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Koesoema, Doni.. 2015. PendidikanKarakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.
Sudjiman, Panuti. 1994. Filologi Meayu. Jakarta: Pustaka Jaya.
Suparno, Paul, S.J. 2015. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Wellek dan Warren. 2012. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
http://layanan-guru.blogspot.co.id/2013/05/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter.html.
DOI: https://doi.org/10.26499/und.v12i1.551
Refbacks
- There are currently no refbacks.