Pengembangan Modul Elektronik Keterampilan Berbicara Bipa 1 dengan Pendekatan Komunikatif bagi Pemelajar Diaspora Anak-Anak
Abstract
Pembelajaran BIPA, baik di luar negeri maupun di Indonesia memiliki beragam tujuan dan level. Oleh karena itu, kebutuhan bahan ajar dalam pembelajaran BIPA semakin meningkat. Namun, ketersediaan bahan ajar dengan tujuan khusus berbanding terbalik dengan jumlah bahan ajar yang dibutuhkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan modul elektronik keterampilan berbicara BIPA 1 menggunakan pendekatan komunikatif untuk pemelajar diaspora anak. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE (analysis, design, development and production, implementation, and evaluation) yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Produk hasil pengembangan dalam penelitian ini berupa modul elektronik dengan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara pemelajar diaspora anak tingkat BIPA 1. Modul dalam penelitian ini disesuaikan dengan bahan ajar yang sudah ada dan ditambah beberapa topik agar lebih komunikatif. Pengembangan modul dalam penelitian ini memperhatikan 3 hal dalam prosesnya, yaitu tujuan modul, karakteristik modul, dan sistematika modul. Selain itu, masukan, komentar, dan saran dari para ahli juga sangat dipertimbangkan sehingga dapat menghasilkan modul elektronik yang layak untuk diimplementasikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A., P. (2013). Peranan Lingkungan Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa Kedua. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 13–25. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1447
Akhmad, A., Anas, I., & Harbani, H. (2020). Mind Mapping Strategy: A Practical Guide to Teaching Speaking in Vocational Higher Education Context. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 72–77.
http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/download/2331/2043
Arumwangi, S. L., & Soesetyo, B. H. (2017). Kesalahan Pelafalan dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa SMA Negeri 3 Lamongan. Laterne, VI(03), 1–5.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/laterne/article/view/21817
Asyah, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar berbicara untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula Tinggi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2), 586–592. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices (Korea Sela). Longman.
Ernis, D. (2022). Penutur Bahasa Indonesia Capai 300 Juta Jiwa di Dunia. Tempo.Co. https://tekno.tempo.co/read/1594535/penutur-bahasa-indonesia-capai-300-juta-jiwa-di-dunia
Hermoyo, S. R. (2017). Pengembangan Materi Ajar BIPA melalui Budaya Lokal Jawa Timur. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 48–56. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/869/952
Lubna, S. (2017). Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) untuk Pebelajar Anak. Tuah Talino, 11, 83–94. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiWwN-JtKL8AhUERXwKHXjpBokQFnoECBAQAQ&url=https%3A%2F%2Fojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id%2Fjurnal%2Findex.php%2Ftuahtalino%2Farticle%2Fdownload%2F1053%2F552&usg=AOvVaw1MLEubaCvAhFmJ
Rabawati, K., Sutama, M., & Gosong, M. (2013). Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2, 1–9. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/581
Teknik Penyusunan Modul, 2016 10 (2016). http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul.pdf
Riana, D. R., Isnaeni, M., & S. (2022). Diaspora Indonesia dan penguatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Autralia. Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 20, 44–54.
https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/kolita/article/view/3776
Riana, D. R. (2018). Kesalahan Morfologis dalam Tulisan Imajinatif Pemelajar BIPA di Sacred Heart Girls College. Jurnal Undas, 14(2), 144--158. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/undas/article/view/1147
Richard, J. C., & Rodgers, T. S. (1986). Approaches and Methods in Language Teaching: A Description and Analysis. Cambrige University Press.
Suyitno, I. (2017). Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). FKIP E-PROCEEDING, 55–70. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwitgcu5taL8AhWHR2wGHURkAfQQFnoECBsQAQ&url=https%3A%2F%2Fjurnal.unej.ac.id%2Findex.php%2Ffkip-epro%2Farticle%2Fview%2F4856&usg=AOvVaw1WbgkbZapHjRJU4TI9jK-W
Widorini, M. D., & Septiadi, H. N. (2018). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Wisma Bahasa Yogyakarta. PROSIDING SEMNAS KBSP V, 416–421. http://hdl.handle.net/11617/9945
Yulianeta, Yacoob, A., & Lubis, A. H. (2022). The Development of Web-Based Teaching Materials Integrated with Indonesian Folklore for Indonesian Language for Foreign Speakers Students. International Journal of Language Education, 6(1), 46–62. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ijole.v6i1.22957
DOI: https://doi.org/10.26499/und.v19i1.5668
Refbacks
- There are currently no refbacks.