Interferensi Fonologis Bahasa Jepang terhadap Bahasa Indonesia pada Pemelajar BIPA di PT Sakai Mulia Koken Indonesia

Sarra Nurfitriani, Dona Karunia Putra

Abstract


Interferensi fonologis bahasa Jepang terhadap bahasa Indonesia yang terjadi pada pemelajar BIPA asal Jepang merupakan salah satu kendala yang dialami oleh pemelajar dalam mempelajari bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interferensi yang terjadi pada pemelajar, faktor penyebab interferensi, dan solusi interferensi bahasa Jepang terhadap bahasa Indonesia yang terjadi pada pemelajar BIPA asal Jepang di PT Sakai Mulia Koken Indonesia. Penelitian dimulai dari 20 Oktober hingga 11 November 2020 di PT Sakai Mulia Koken Indonesia, Sumber data dalam penelitian ini adalah pemelajar atau penutur asing yang sedang belajar berbahasa Indonesia yang dengan jumlah informan yang diambil berjumlah 3 orang yang merupakan pemelajar BIPA level A1 (Pemula). Pada penelitian ini penulis menggunakan tiga metode dalam menganalisis, yaitu: metode padan artikulatoris, metode padan ortografis, dan metode komparatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik rekam, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat (transkripsi).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa interferensi terjadi dalam bentuk perubahan bunyi fonem, penambahan fonem, penghilangan fonem, dan pemenggalan fonem pada ketiga subjek yang diteliti. Ditemukan sebanyak 564 interferensi, frekuensi interferensi fonem vokal sebanyak 11 interferensi, dan interferensi fonem konsonan sebanyak 553 interferensi pada ketiga subjek. Interferensi fonologis pada penutur asing dapat diatasi salah satunya saat pembelajaran BIPA dapat menggunakan metode praktik langsung (drill method) dan metode audiolingual dan memperbanyak frekuensi interaksi menggunakan bahasa Indonesia dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran.


Keywords


Interferensi fonologis, Bahasa Indonesia, Bahasa Jepang, BIPA, PT Sakai Mulia Koken Indonesia.

References


Aditiawarman, M. (2018). Bahasa Sebagai Tindakan Sosial. Lembaga Kajian Aset Budaya Indonesia.

Busri, H., & Badrih, M. (2018). Linguistik Indonesia: Pengantar Memahami Hakikat Bahasa. Madani Media.

Chaer, A. (2002). Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Rineka Cipta.

Irawan, M. (2010). Sosiolinguistic ‘The study of societies languages.’ Graha Ilmu.

Kusmiatun, A. (2016). Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. K Media.

Kuwing, A. (2017). Interferensi Fonologis Bahasa Melayu Pattani Dalam Berbahasa Indonesia Mahasiswa Thailand Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Mabasan, 11(1), 32–45.

Mayerhoff, M. (2019). Introducing Sociolinguistics, 3rd Edition. Routledge.

Mouton, D. G. (2013). Contact Languages: A Comprehensive Guide. Deutsche National Bibliothek.

Nababan, P. (1993). Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. PT Gramedia Pustaka Utama.

Thoyib, T., & Hamidah, H. (2018). Interferensi Fonologis Bahasa Arab “Analisis Kontrastif Fonem Bahasa Arab Terhadap Fonem Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Universitas Al Azhar Bukan Jurusan Sastra Arab.” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(2), 63. https://doi.org/10.36722/sh.v4i2.257

Trismayanti, N. (2018). Interferensi Fonologi Bahasa Indonesia Masyarakat Minangkabau Perantau Di Medan. Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara.

Weinrech, U. (1968). Language in Contact – Findings and Problems. Mouton Publishers.

Wojowasito, S. (1976). Perkembangan Ilmu Bahasa (Linguistik) Abad 20. Shinta Dharma.

Yulianti, R., & Unsiah, F. (2018a). Fonologi. UB Press.

Yulianti, R., & Unsiah, F. (2018b). Pengantar Ilmu Linguistik. UB Press.




DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i1.3626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Address: Jl. Daksinapati Barat 4 No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220 Phone: +62 (021) 4896558 

 

Creative Commons License

Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats -->