Lagu dangdut koplo sebagai materi ajar BIPA berbasis kearifan lokal bagi pemelajar tingkat lanjut

Dian Uswatun Hasanah, Afrizal Mufti, Ferdian Achsani

Abstract


Keanekaragaman budaya dan kearifan lokal di Indonesia mampu memikat ketertarikan masyarakat Internasional. Dangdut koplo menjadi salah satu nilai keunikan budaya dan kearifan lokal yang jarang dimanfaatkan sebagai materi ajar BIPA berbasis kearifan lokal. Menjawab permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dangdut koplo sebagai materi ajar BIPA tingkat lanjut.  Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai budaya atau kearifan lokal pada lagu dangdut koplo, merelevansikannya sebagai materi ajar pembelajaran BIPA tingkat lanjut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data didapatkan dari informan dan dokumen. Informan yang dipilih adalah pengajar, tutor dan mahasiswa BIPA UIN Raden Mas Said Surakarta. Dokumen yang digunakan berupa naskah lirik lagu dangdut koplo yang berkembang di Indonesia. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, sehingga data yang dipakai benar-benar terkait dengan permasalahan yang dikaji. Data sampel penelitian difokuskan pada lagu-lagu dangdut koplo yang liriknya mengandung nilai kearifan lokal. Seperti “Mendung Tanpo Udan”, “Ndasku Mumet Ndasmu Piye”, “Tresnoku Kepenggak Itungan Jowo” dan lainnya. Hasil penelitian ini berupa temuan nilai-nilai kearifan lokal pada lagu dangdut koplo seperti sandang atau busana, pangan, alat, cuaca, tranportasi, religi, papan atau tempat rekreasi, pantun, parikan, peribahasa, sistem pekerjaan. Lagu-lagu dangdut koplo bermuatan kearifan lokal dalam riset ini dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa BIPA tingkat lanjut, yaitu BIPA 7. Sesuai Permendikbud RI nomor 27 tahun 2017 tentang standar kompetensi lulusan kursus dan pelatihan BIPA, dalam BIPA 7 unit kompetensi mendengarkan.


Keywords


Dangdut koplo; BIPA; Kearifan Lokal

References


Arien Cahyani Putri, Eka Silvia, Safira Azzahra, A. B. (2021). Pengenalan Lokalitas Budaya Indonesia Melalui Webtoon. Jurnal LITERASI, 5(2), 152–164.

Bursan, I. Z. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Bagi Penutur Asing (Bipa) di Universitas Muhammadiyah Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Chen, S., Lawrence, J. F., Zhou, J., Min, L., & Snow, C. E. (2018). Early Childhood Research Quarterly The efficacy of a school-based book-reading intervention on vocabulary development of young Uyghur children: A randomized controlled trial. Early Childhood Research Quarterly, (44), 206–219. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.12.008

Daryanto. (20114). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, S. K. T. (2011). Kearifan Lokal “Makanan Tradisional” : Rekontruksi Naskah Jawa dan Fungsinya dalam Masyarakat. Juenal Manasa, 1(1), 161–182. https://doi.org/10.33656/manuskripta.v1i1.9

Fahmi, N. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Lokal Bagi Mahasiswa Asing di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 124–130.DOI: 10.15408/sd.v1i2.1225

Haryanto, J. T. (2014). Kearifan Lokal Pendukung Kerukunan Beragama pada Komuntias Tengger Malang Jatim. Analisa, 21(2), 201. https://doi.org/10.18784/analisa.v21i02.15

Hasanah, D. U., Kurniasih, D., & Agustina, T. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Pada Mahasiswa Bipa Tingkat Dasar Di IAIN Surakarta. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 114–125. https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i2.10559

Hastuti, S., Slamet, Sumarwati, & Rakhmawati, A. (2021). Menulis Kreatif Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Al Chalief.

Istanti, W. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Thailand Melalui Syair Lagu Populer Indonesia Bermuatan Nilai-nilai Karakter. Prosiding Seminar Internasional PIBSI XXXV, 902. Surakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNS.

Kurniasih, D., & Isnaniah, S. (2019). Penerapan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) “Sahabatku Indonesia” Tingkat Dasar di IAIN Surakarta. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(2), 62. https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i2.10559

Kuswantoro, T. D. dan Pertiwi, A. L. (2019). (2019). “Pengenalan Budaya Visual Nusantara Melalui Web Komik”, in Reinvensi Budaya Visual Nusantara. Seminar Nasional Seni Dan Nasional, 451–457.

Muliastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Prodjo, W. A. (2020). Mendorong Bahasa Indonesia ke Tingkat Internasional. Retrieved September 17, 2020, from kompas.com website: https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/22/10000051/mendorong-bahasa-indonesia-ke-tingkat-internasional?page=all

Rahyono. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.

Ratna, I. N. K. (2011). Antropologi Sastra: Mata Rantai Terakhir Analisis Ekstrinsik I Nyoman Kutha Ratna. Mabasan, 5(1), 95. https://doi.org/10.26499/mab.v5i1.197

Sudarwati. (2014). Pengenalan budaya melalui pembelajaran BIPA dan model pembelajarannya” dalam Dinamika Budaya Indonesia dalam Pusaran Pasar Global. Yogyakarta: Ombak.

Suyitno, I. (2017). Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 55–70.

Van Peer, W., Zyngier, S., Klinger, K., & Tosheff, L. (2010). Literary education and Digital Learning: methods and technologies for Humanities Studies Library of Congress Cataloging-in Publication Data (N, Ed.). New York: Information Science Reference.

Wahyudi, A. (2014). Implementasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal di SD Negeri Sendangsari Pajangan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Weintraub, A. N. (2010). Dangdut Stories , A Social and Musical History of Indonesia’s Most Popular Music. New York: Oxford University Press, inc.

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v4i2.4202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Address: Jl. Daksinapati Barat 4 No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220 Phone: +62 (021) 4896558 

 

Creative Commons License

Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats -->