Penerapan Metode Berbasis Komunitas dengan Pembiasaan Aktivitas Sehari-Hari pada Pembelajaran

Ika Martanti Mulyawati

Abstract


Berkomunikasi secara aktif adalah tujuan utama pembelajar BIPA. Bahan ajar yang optimal dapat diterapkan dengan metode yang tepat, agar BIPA dapat dipahami oleh pembelajar. Tujuan tulisan ini adalah mendeskripsikan metode pembelajaran berbasis komunitas pada pembiasaan sehari-hari untuk mengoptimalkan bahan ajar BIPA. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriftif dengan pengumpulan data dengan studi pustaka dan wawancara. Hasil yang signifikan dapat dilihat dari banyaknya kosakata yang mereka gunakan saat presentasi berlangsung di kelas. Hal itu diperoleh dari bantuan komunitas kelompok yang mendampingi selama melakukan aktivitas mereka diluar perkuliahan saat di kampus. Pembiaasaan lain juga berlangsung di tempat tinggal mereka yang dipantau oleh kakak senior yaitu mahasiswa Thailand yang terlebih dahulu kuliah di program studi Tadris Bahasa Indonesia UIN Raden Mas Said Surakarta. Bahan ajar A1 untuk kategori pembelajar BIPA bagi pemula dapat dioptimalkan dengan metode pembelajaran berbasis komunitas ini. Kenyamanan dengan anggota kelompok jadi hal penting untuk keberhasilan pembelajarn ini. Hasil yang bisa dilihat adalah mahasiwa Thailand yang pada dasarnya menggunakan bahasa Melayu yang serumpun dengan bahasa Indonesia, menyerap cepat kosakata yang berlangsung dari percakapan sehari-hari.

 Kata Kunci: BIPA, Pembiasaan, Metode Komunitas


References


Bundhowi, M. 1999. Komponen Budaya dalam Pengajaran BIPA, (Online), (http://www.ialf.edu/bipa/july1999/komponenbudaya.html ), diakses 11 November 2021.

Dardjowidjojo, Soenjono. 1994. Masalah dalam Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing di Indonesia: dalam Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Jakarta: FS UI.

Lahir, dkk. (2017). “Peningkatan Prestasi Belajar melalui Model Pembelajaran yang Tepat pada Sekolah Dasar sampai Perdosenan Tinggi”. Jurnal Edunomika. Volume 01 (1). 1-8.

Muliastuti, Liliana. (2016). “BIPA Pendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia”. Makalah disajikan pada seminar Nasional Politik Bahasa di Universitas Tidar Magelang. Magelang: Untidar

Ningrum, Rifqia Kartika., dkk. (2017). “BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas Di Indonesia”. Proceedings Education and Language International Conference. Vol 1, No 1 (2017). http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id.

Ramadhani, Rizki P, dkk. 2016.” Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Tingkat Pemula”. Jurnal Pendidikan. Vol.1, No.3, Maret 2016. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6155. diakses 11 November 2021.

Rosita, Farida Yufarlina. (2019). “Pengembangan Teknik Interactive-Communicative Games Untuk Keterampila Berbicara BIPA Kelas Pemula”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 19, Nomor 1, April, 51- 60. p-ISSN 1412-0712, e-ISSN 2527-8312.

Sari, Ria Dwi Puspit.dkk. (2017). “Ekskursi sebagai Strategi Belajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) dalam Masyarakat Ekonomi Asean (Mea)”. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Subyakto-Nababan, S. U. (1992). Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Suyitno, I. 2008. Pembelajaran BIPA: Isu Strategis Implikasinya dalam Pembelajaran BIPA. Modul Perkuliahan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Wicaksono, Andri. (2016). Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhawaca.

Widianto, Eko dan Ida Zulaeha. (2016). “Pilihan Bahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing”. Jurnal Seloka. Volume 5 (2). 124-135.




DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i2.4206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Address: Jl. Daksinapati Barat 4 No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220 Phone: +62 (021) 4896558 

 

Creative Commons License

Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats -->