Ragam Tindak Ilokusi Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Daring

Anggik Budi Prasetiyo, Akhmad Sofyan

Abstract


Tindak tutur ilokusi yang ada dalam pembelajaran daring sangat dimungkinkan beragam dan mempunyai peranan yang sangat penting. Peran penting tersebut ialah sebagai sarana dalam bertutur agar maksud tuturan dapat tersampaikan dengan jelas dan mudah dimengerti. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan ragam tidak tutur ilokusi yang ada dalam  proses pembelajaran daring. Sumber data penelitian ini ialah video pembelajaran  daring guru Bahasa Indonesia di SMAN Arjasa dengan menggunakan aplikasi Zoom. Kajian ini menjadikan tuturan guru Bahasa Indonesia yang diindikasikan mengandung tindak ilokusi di dalamnya sebagai data. Penelitian ini  dirancang sebagai penelitian kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif interpretatif. Pendekatan yang diterapkan dalam rangka analis data ialah pendekatan pragmatik. Proses pengumpulan dilakukan dengan melakukan perekaman pada saat guru melakukan  pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom. Kemudian, rekaman tersebut disimak dan dicatat guna mendapatkan data yang sesuai dengan rumusan masalah. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa guru menggunakan tindak tutur ilokusi pada tiap-tiap bagian dalam proses pembelajaran, yaitu pada bagian pembukaan dan apersepsi, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada tiap bagian tersebut, muncul berbagai tindak ilokusi baik tindak ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif, maupun deklaratif. Ragam tindak tutur yang ditemukan tersebut diharapkan mampu menjadi bahan pengayaan bagi guru semua mata pelajaran pada umumnya dan lebih khusus mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

 


Keywords


Ilokusi, Pembelajaran Daring, Zoom

Full Text:

PDF

References


Andini, H. M. 2017. “Jenis-jenis Tindak Tutur dan Makna Pragmatik Bahasa Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2016/2017”. Tesis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Arikunto, S. 2002.Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, A. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Cummings, L.. 2007. Pragmatik sebuah Perspesktif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Effendy, O. U. 2009. Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fauzi, M. S. 2012. Pragmatik Klinis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ibrahim, A. S. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Kuswara, R. 2014. “Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris”. Pedadidaktika. Vol. 1 (1): 1-8.

Leech, G. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik (terjemahan M.D.D. Oka). Jakarta: UI Press.

Muhyiddin. 2007. “Covid-19, New Normal dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan. Vol. 4 (2): 240-252.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih. 2013. “Perbedaan Pengaruh Pemberian Apersepsi terhadap Kesiapan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII A”. Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Pripambudi, E. T. 2018. “Implikatur Tuturan Guru dalam Pembelajaran di SMK Putra Tama Bantul dan SMA Pangudi Luhur Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018”. Tesis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Pudyastuti, L. A., Zamzani. 2019. “Implikatur Percakapan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Widyaparwa. Vol. 47 (1): 21-32.

Saputri, F. dan Nugraheni, A. S. 2020. “Tindak Tutur Siswa dalam Pembelajaran Online Via WhatsApp di Kelas 3 SD Negeri 2 Setrojenar (Studi Deskriptif dilihat dari Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi). Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 16 (2): 89-96.

Searle, J. R. 1979. Expression and Meaning. Cambridge: Cambridge University Press.

Subroto. 1992. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudaryanto. 2003. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta.

Wijana, I. D. P. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.

Zamzani. 2007. Kajian Sosiopragmatik. Yogyakarta: Cipta Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26499/und.v18i1.3559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.