KUALITAS TULISAN PESERTA LOMBA GERAKAN INDONESIA MENULIS SISWA SLTP KOTA BANJARMASIN

Ahmad Zaini

Abstract


Abstrak: Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa. Keberhasilan pengajaran menulis dapat dilihat dari hasil tulisan siswa. Salah satu cara melihat hasil tulisan siswa adalah dengan mengadakan lomba. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas siswa yang dihasilkan melalui lomba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Data dan sumber data diperoleh dari hasil tulisan siswa dan rekap penilaian dewan juri dengan teknik dokumentasi dan obeservasi. Dari data tersebut diolah dalam Microsoft  Exel, kemudian di tampilkan dalam bentuk grafik dan dianalisis. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa  kualitas tulisan peserta lomba dari aspek   kesesuaian isi dengan tema yang ditentukan sebanyak (48% sangat baik dan 44% baik), pengungkapan gasasan/ide-ide (64% baik), format (70% baik), dan bahasa (73%). secara keseluruhan kualitas tulisan peserta lomba berdasarkan seluruh aspek penilaian didapat hasil 91% baik.

Kata kunci: Ide, gagasan, tema

 

Abstract: Writing ability is one of the skills that must be mastered by students. The success of teaching in writing can be seen from the results of students writing. One way to see the results of students writing is to hold a writing contest. This research aims to look at the students quality produced through the writing contest. This research uses a quantitative approach with descriptive methods. Data and data sources obtained from the students writing and assessment recapitulation of the jury with documentation and observation techniques. Those data is processed in Microsoft Excel. Then the researcher displays the data in graph form and analyzes them. From the results of that research, it can be concluded that the writing quality of the participants from the aspect of appropriateness of the contents with themes that are determined as much (48% excellent and 44% good), expressing concepts/ ideas (64% good), format (70% good), and language (73%). the overall writing quality of the participants based on all aspects of the assessment are obtained 91% good.

Key words: Ideas, concepts, themes.

Keywords


Ideas; concepts; themes

Full Text:

PDF

References


Alfabeta, Cahyani I dan Hojidah. 2007. Kemampuan Berbahasa di Sekolah Dasar.Bandung. UPI Press.

Ambarwati, Dwi. 2011. “Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi dengan Media Iklan Advertorial pada Siswa kelas X SMA Negeri 1 Prembun”. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: PBSI FBS UNY.

Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Sinar Baru.

Chaer, A. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dwijayanti, Ida Ayu Mde Oka, dkk. 2014. Peningkatan Kualitas Berbahasa Indonesia melalui Aktivitas Menganalisis Kesalahan dalam Pengajaran Menulis Siswa di Kelas VIIIA SMP Katolik Santo Paulus Singaraja. e-Journal . Singaraja: UPG.

Gie, L.T. 1992. Pengantar Dunia Karang–Mengarang.Yogyakarta: Liberty.

Keraf, Gorys. 1989. Komposisi: Sebuah Pengantar Berbahasa Gorys Keraf. Ende: Nusa Indah.

---, 1996. Linguistik bandingan Historis. Jakarta: Gramedia.

Kumara, Amitya. 2001. Dampak Kemampuan Verbal terhadap Kualitas Ekspresi Menulis. Jurmal Psikologi. Yogyakarta: UGM.

Nurgiantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Rusyana, Yus. 1988. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: Diponegoro.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

---. 2009. Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Utorodewo. 2001. http://sapasayaa.blogspot.co.id/2012/03/3-faktor-yang-mempengaruhi-tulisan.html. Diunduh 4 Oktober 2016.




DOI: https://doi.org/10.26499/und.v12i2.556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.