Pelaksanaan Program BIPA dan Hasil Pembelajarannya

Kurniawan Kurniawan, Devi Ambarwati Puspitasari, Didiek Hardadi Batubara, Hernina Hernina, Larasati Larasati

Abstract


The present study identified the learning outcomes of the program of Indonesian for foreigners (BIPA—Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) and the suitability between student learning outcomes and teaching materials of BIPA. The learning process of BIPA was conducted to improve four language competencies including listening, speaking, reading, and writing. Based on the 2016 and 2017 BIPA teaching reports, thirteen teachers assigned to teach BIPA to Thailand, Vietnam, Myanmar, France, and Russia were successfully able to improve the four language competencies of the students. Meanwhile, the suitability between student learning outcomes and teaching materials of BIPA indicated that: 1) sixty seven BIPA teachers were considered good at adjusting the learning to the teaching materials, 2) four BIPA teachers were rated fair in adjusting the learning to the teaching materials, and 3) ten BIPA teachers were considered poor in adjusting the learning to the teaching materials.

Keywords


BIPA; learning outcomes; teaching materials.

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Diakses dari badanbahasa.kemdikbud.go.id

Emilia, Emi. (2009). Menulis Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Permendikbud Nomor 27 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) BIPA.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)

Permendikbud Nomor 131 Tahun 2014 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kursus dan Pelatihan.

Permendikbud Nomor 5 Tahun 2015 tentang kriteria lulusan peserta didik, penyelenggaraan ujian nasional, dan penyelenggaraan ujian sekolah/madrasah/pendidikan kesetaraan pada SMP/MTs atau yang sederajat dan SMA/MA/SMK atau yang sederajat.

Permendikbud Nomor 27 Tahun 2017 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Kursus dan Pelatihan Bidang Keterampilan Kepemanduan Wisata, Pemeliharaan Taman, Pekarya Kesehatan, Petukangan Kayu Konstruksi, Pemasangan Bata, Perancah, Pemasangan Pipa, Mekanik Alat Berat, Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing, Pembuatan Batik Dengan Pewarna Ramah Lingkungan, Pembuatan Malam Batik, Pembuatan Batik Dengan Pewarna Sintetis, Pembuatan Alat Canting Tulis, dan Pembuatan Canting Cap.

Sumaryono, E. (1999). Hermeneutik, Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2018. Jaringan Lembaga Penyelenggara BIPA. (http://bipa.kemdikbud.go.id/jaga)




DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i1.1692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Address: Jl. Daksinapati Barat 4 No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220 Phone: +62 (021) 4896558 

 

Creative Commons License

Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats -->