Peningkatan Kemampuan Pemahaman Kosakata Melalui Aplikasi Kuis Kosakata Daring bagi Pemelajar BIPA Level A2

Christine Permata Sari

Abstract


Penelitian ini menginvestigasi efektivitas penggunaan aplikasi permainan kosakata daring untuk meningkatkan pemahaman kosakata dan makna dalam konteks pada pemelajar BIPA level A2. Penelitian ini didasarkan pada evaluasi performa pemelajar dalam memahami kosakata ketika berada pada level sebelumnya Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, dan menggunakan observasi dan wawancara dalam pengumpulan data. Aplikasi kuis daring yang dipakai adalah Quizizz dan Wordwall yang dipakai secara bergantian karena mempunyai fitur yang berbeda – beda. Ada lima set kuis yang dibuat dengan model latihan soal yang bervariasi. Hasil kuis dianalisis termasuk skor dan jenis eror yang dibuat oleh pemelajar. Selanjutnya untuk tahap terakhir, murid mendapatkan tes kosakata tertulis sebagai ujian akhir program. Semua hasil kuis dan tes diolah bersama dengan hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunaan aplikasi permainan kosakata daring murid lebih menguasai kosakata dan memakainya sesuai dengan konteks yang benar. Pemelajar juga mampu memahami kalimat secara reseptif dan mampu memproduksi tuturan yang bermakna baik secara lisan dan tertulis. 


Keywords


Vocabulary; online quiz; effectiveness

Full Text:

PDF

References


Aswadi. 2017. Pembelajaran Keterampilan Menyimak Kritis sebagai Sarana Pemerolehan Pengetahuan. Seminar Internasional Riksa Bahasa XI. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/323831524_Pembelajaran_Keterampilan_Menyimak_Kritis_Sebagai_Sarana_Pemerolehan_Pengetahuan.

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 05(02), 11–16.

Nation, I. S. P. (2007). The four strands. Innovation in Language Learning and Teaching, 1(1), 1-12

Nation, I. S. P. (2008). Teaching vocabulary: Strategies and techniques. Boston, MA: Heinle Cengage Learning

Pannen, Paulina. 2016. Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh dan E-Learning di Indonesia,

http://kopertis3.or.id/v2/wp-content/uploads/Paulina-Pannen-Kebijakan-PJJ-dan-ELearning.pdf

Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227–232. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.243

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa..




DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i2.4209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Address: Jl. Daksinapati Barat 4 No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220 Phone: +62 (021) 4896558 

 

Creative Commons License

Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats -->